Kejari Menggala Sosialisasi JPN Bina Desa

lampungnewspaper.co.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Menggala menggelar sosialisasi Jaksa Pengacara Negara (JPN) bina desa bidang perdata dan tata usaha negara kepada seluruh Kepala Kampung se-Kabupaten Tulangbawang. Berlangsung di lantai II ruang rapat Pemkab Tuba. Rabu (3/7/19).

Adapun pun untuk mensosialisasikan JPN kejaksaan negeri menggala menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) untuk menghadirkan seluruh kepala Kampung.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kejaksaan Tulangbawang Ashari SH.M.Hum, Sekda Ir Anthoni, Asisten I Ahmad Suharyo, Kepala dinas DPMPK Yen Dahren, Kepala insfektorat Pahada, seluruh camat Kabupaten Tulangbawang serta seluruh Kepala Kampung.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tulangbawang Winarti yang diwakili oleh sekda Ir Anthoni dan disampaikan nya, bahwa dalam sosialisasi JPN bina ini dilakukan supaya aparatur kampung bisa memahami hukum dan undang-undang dalam penggunaan dana desa.

“Ini dilakukan agar meningkatkan kepercayaan pemerintah daerah dan pemerintah desa dan bisa mengenalkan akan peraturan undang-undang yang ada dan mengetahui tugas dan fungsi JPN,”Ujarnya.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Menggala Ashari, SH, M.hum mengatakan, program JPN bina desa ini merupakan program Kejagung yang memang harus disosialisasikan kepada seluruh kepala kampung.

“Tugas mereka mendampingi dalam pemberdayaan supaya masyarakat bisa mandiri, memberikan saran dalam pelayanan terhadap masyarakat agar masyarakat puas, semua itu harus dilakukan dengan sebaik-baiknya,.”Kata dia.

Lebih lanjut, tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut, agar seluruh kepala daerah dan kepala kampung mengetahui dan mengenal fungsi dan peran JPN serta bisa memanfaatkan fungsi dan peran tersebut.

“Fungsi dari pada JPN itu membantu, bantuan nya berupa hukum, jika misalkan ada masalah-masalah yang menyangkut hukum, maka akan kita bantu dampingi, memberikan pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya, “jelasnya.

Dengan sosialisasi ini, lanjutnya, ia berharap agar pemerintah daerah dan Pemerintahan Kampung bisa bersinergi dengan pihak kejaksaan.

“Saya harap kita bersama untuk bersinergi terutama dalam pembinaan desa, supaya semuanya bisa memuaskan masyarakat,” tutupnya. (gun/asf)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here