KPU Lampura Mulai Rekap Suara

PLENO : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), lakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilres dan Pileg tahun 2019 . foto Sabirin / Lampungnewspaper.co.id

lampungnewspaper.co.id – Setelah melalui tahapan panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Lampung Utara (Lampura), lakukan rapat pleno Rakapitulasi penghitungan suara Pilres dan Pileg tahun 2019 yang ditempatkan di Kantor KPU setempat, Rabu (1/5).

Marthon ketua KPU menjelaskan, tahapan yang dilaksanakan KPU dihari kemarin yang berkaitan pemilu serentak 2019 telah masuk babak akhir yaitu rekapitulasi hasil penghitungan suara hasil perolehan presiden dan wakil presiden DPR RI, DPD, DPR Provinsi dari hasil pilihan masyarakat di 2.081 TPS yang tersebar 247 desa dan kelurahan. Selanjutnya dirinya juga berterima kasih kepada seluruh elemen yang sudah membantu menyukseskan jalannya pemilahan umum serentak tersebut.

“Semua telah berjuang, berusaha untuk menyukseskan pemilu. Dengan segenap tenaga dan pikiran, dengan cacian makian, bukan suatu masalah, tetapi jadikan penyemangat. Sebagai penyelenggara sudah melakukan sesuai asas penyelenggara Pemilu, Netral, berintegritas,” jelas dia

Dikatakannya, selama pelaksanaan tahapan Pemilu serentak di Lampura,  dirinya juga menilai Pihak keamanan, dengan penuh semangat dilandasi kejujuran, nilai moral baik pelaksanaan pemilu serentak dapat berlangsung dengan baik, dapat berlangsung dengan sejuk. “Mudah mudahan sampai selesai, Lampura tetap kondusif, terjaga silaturahmi,” katanya.

Lebih jauh diterngkan Marthon, dari 23 kecamatan, tinggal satu  kecamatan yakni Kotabumi selatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi dikarenakan jumlah TPS yang cukup banyak dibandingkan kecamatan lainnya. “Bagi yang berhasil atau yang tidak berhasil menjadi calon anggota legislatif, hendaknya saling menghormati dan menghargai,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Lampura, Ajun Komisaris Besar Budiman Sulaksono mengatakan kesiapan dalam mengamankan rapat pleno agar menuai hasil baik, butuh dukungan dan kerjasama semua pihak. Untuk itu dirinya menghimbau agar seluruh elemen masyarakat yang terkait dengan kegiatan dimaksud untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

“Saya berharap kepada seluruh elemen masyarakat yang terkait dengan pelaksanaan Pilpres dan Pileg dapat tenang dan bersikap dengan bijak.Jika terjadi permasalahan selesaikan dengan kepala dingin,”ujar Kapolres.

Sedangkan,  Pj Sekretaris Kabupaten Lampura, Sopyan atas nama Pemerintah Kabupaten Setempat mengatakan, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara Pilpres, dan pemilihan legislatif yang dilaksanakan di KPU Lampura, merupakan Penyelenggaraan pemilu serentak yang baru pertama kali, namun KPU Lampura, dapat menyelesaikan dikarenakan sudah mempunyai modal seperti pemilihan kepala daerah yang telah berlangsung di Tahun-tahun sebelumnya. Bahkan,  dirinya juga mengapresiasi atas pelaksanaan baik dari awal hingga memasuki akhir tahapan, hampir tidak ada kejadian yang mengganggu. Tentunya karena kesadaran berdemokrasi yang cukup tinggi sehingga semua tahapan pemilu berjalan dengan baik.

“Pemkab Lampura mengucapkan terimakasih atas kondusivitas pelaksanaan pemilu serentak. Mudah-mudahan berjalan dengan baik. Kita yakin penyelenggara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. disini juga telah disiagakan tenaga medis dan ambulan di KPU , serta mobil pemadam kebakaran pada pleno tingkat kabupaten,” pungkasnya. (sab/een)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here