35 Caleg Dipridiksi Melenggang Ke DPRD Lambar

Lampungnewspaper.co.id – Pemilu telah usai. Kini tinggal menunggu rapat pleno KPU guna memutuskan hasil siapa yang menang.

Kendati demikian, secara inkonstitusional, masing-masing parpol telah memiliki hitungan internal. Nah, di Lampung Barat (Lambar) 35 nama diprediksi melenggang ke kantor wakil rakyat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah petahana tumbang. Muncul wajah baru yang bakal memduduki kursi wakil raktay itu.

Diantara, parpol bahkan mengklaim meraih suara terbanyak dan pemilik kursi pimpinna DPRD setempat.

Diketahui, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan diprediksi masih kuasai kursi Pimpinan DPRD Lampung Barat (Lambar) berdasarkan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019 dengan 11 kursi.

Kemudian Wakil Ketua I kemungkinan tetap menjadi milik Partai Demokrat dengan enam kursi.

Sementara, posisi wakil ketua II bakal diperebutkan Partai Golkar dan Partai Gerindra masing-masing mendulang lima kursi.

Data yang dihimpun, dari kelima dapil yang ada di Lambar partai dengan logo banteng tersebut mendudukan 11 anggotanya. Meski, hal ini sebenarnya ada penurunan pendapatan kursi yang diperoleh dari pemilu sebelumnya yang berjumlah 13 kursi.

Data sementara yang diprediksi menduduki kursi legislatif Lambar, Dapil I, Bambang Dwi Saputra (PDIP), Sumiyati (PDIP), Ismun Zani (Golkar), Nusirwan (Gerindra), Erwansyah (Gerindra), Anggi (PPP), Nopiyadi (PKS), Heri Gunawan (Demokrat).

Untuk Dapil II, Ahmad Ali Akbar (PDIP), Suryadi ( Gerindra), Bahrin Ayub (Golkar), Mawardi (Demokrat), Erwin Suhendra (NasDem).

Dapil III, Sutikno (Demokrat), Lina Marlina (Demokrat), B. Supriyadi (PDIP), Hi. Untung (Gerindra), Tri budi Wahyuni (PDIP), Sarjono (PPP), Edi Epriyanto (PKB), Saipul Abadi (Golkar). Dapil IV, Edi Novial (PDIP), Sri Nurwijayanti (PDIP), Azhari (PDIP), Tomi Ardi (Golkar), Sakri (Golkar), Suhartono (Demokrat), Dedeh Rohayati (Demokrat), Ropik Radiansyah (PKS) Hi. Herwan (PAN).

Serta Dapil V, Sugeng Kinaryo Adi (PDIP), Winarsih (PDIP), Sarwani (PDIP), Doni Kurniawan (PKPI), Marga Jaya Diningrat (Gerindra).

Dimana, dari data tersebut PDI-P meperoleh 11 kursi, Demokrat 6 kursi, Gerindra 5 kursi, Golkar 5 kursi, PAN 1 kursi, PKPI 1 kursi, PKS 2 kursi, Nasdem 1 kursi, kursi, PKB 1 kursi dan PPP 2 kursi.

Sementara Anggota Komisioner KPUD Lambar, Syarif Ediansyah saat dikonfirmasi via telpon selulernya, Selasa (23/4) mengatakan, pihaknya baru melakukan rekapitulasi tingkat kecamatan. Dimana, baru 2 kecamatan yang telah menyelesaikan rekapitulasi.

“Kami masih menunggu hasil rekapitulasi yang di lakukan PPK. Sejauh ini baru 2 kecamatan yang telah rampung,” ucapnya.

Sejauh ini, lanjut Syarif belum bisa diketahui siapa yang bakal duduk di DPRD Lambar. “Kami hanya penyelenggara. Siapa yang bakal duduk sesuai hasil rekapitulasi dari kecamata (PPK) dan nanti kita rekapitulasi tingkat kabupaten serta diplenokan,” ucapnya seraya mengatakan¬† KPU Lambar akan merekapitulasi tingkat kabupaten hari sabtu 27 dan minggu 28 April.

Menurutnya, tidak ada masalah bila partai peserta pemilu telah memiliki hasil dari hitungan internal mereka. Akan tetapi, untuk kepastiannya menunggu hasil rekapitulasi yang lakukan KPUD Lambar.

“Ya gak ada salahnya dan sah-sah saja bila sudah ada nama-nama yang muncul berdasarkan hitungan internal mereka. Tapi, bisa jadi iya bisa jadi tidak karena semua keputusan harus berdasarkan rekapitulasi KPUD. Dan saat ini belum bisa ketahui hasilnya,” kata Syarif. (esa/asf)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here