Siswa SMAN 9 Bandarlampung Temukan Lampu Sen Otomatis

Foto Devi Laela Rizki/Radarlampung.co.id

Lampungnewspaper.co.id – Andi Rahman Arafat siswa SMAN 9 Bandarlampung temukan lampu sen otomatis dan menangkan juara 1 pada lomba yang diadakan oleh Balitbang Provinsi Lampung dengan tema Memajukan Lampung Melalui Teknologi untuk Bersaing di Tingkat Nasional.

Andi Rahman Arafat menerangkan, inovasi ini terlahir dengan melihat kehidupan sehari-hari, banyak pengendara yang mengendarai motor lupa mematikan lampu sen kendaraan usai berbelok arah, sehingga membuat pengendara dibelakangnya kebingungan.

“Ya, jadi saya lihat banyak pengendara motor khususnya kaum ibu-ibu yang lupa mematikan lampu sen usai berbelok arah, sehingga menyebabkan pengendara lain kebingungan dan bahkan membahayakan diri sendiri dan orang lain,” ujar siswa berumur 17 tahun itu.

Pada inovasi teknologi ini, Andi mengubah rangkaian pada lampu sen dengan menambahkan timer, auto off, dengan mereset waktu 10 detik.

“Jadi, ketika mau berbelok sen dinyalakan manual, dan setelah belok dalam jangka waktu 10 detik lampu sen akan otomatis mati,” kata dia.

Sumber: Radarlampung.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here